Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas Jaringan Komputer Lanjut

 Teknologi Jaringan Internet Rumah
Seiring dengan majunya teknologi  informasi, Internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan untuk semua kalangan, Jaringan internet yang ada sekarang ini bisa kita akses melalui bermacam macam teknologi sepeti teknologi 3G,HSDPA,Broadband,Hotspot,jaringan Rt/Rw dan lainnya, yang memudahkan kita untuk mengakses berbagai macam situs di internet secara mudah. Saya disini akan membahas mengenai teknologi koneksi internet yang ada di lingkungan perumahan. Teknologi yang akan saya bahas adalah mengenai teknologi yang sekarang sedang berkembang di lingkungan perumahan yakni teknologi jaringan Rt/Rw.

Apa itu jaringan Rt/Rw net?

Membangun RT/RW Net adalah suatu konsep dimana beberapa komputer dalam suatu perumahan atau blok dapat saling berhubungan dan dapat berbagi data serta informasi. Konsep lain dari RT/RW Net adalah memberdayakan pemakain internet dimana fasilitas internet tersedia selama 24 jam sehari selama sebulan dimana biaya yang akan dikeluarkan akan murah karena semua biaya pembangunan infrastruktur, operasional dan biaya langganan akan ditanggung bersama.
Atau dengan kata lain RT/RW-Net adalah jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW. Yang di jalankan melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah. Pemanfaatan RT/RW Net ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online antar warga yang efektif untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, dan lain-lain yang bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media e-Mail/Chatting/Web portal. Dilingkungan perumahan saya sendiri jaringan Rt/rw berkembang cukup pesat karena banyaknya minat warga yang ingin mengakses internet serta berbagi informasi yang ada dan terjadi dalam lingkungan sehingga jaringan yang ada saat ini tidak hanya mencakup 1 perumahan saja, bahkan aksesnya sudah sampai masuk ke pemukiman warga asli daerah sekitar perumahan.
Teknologi yang dipakai Jaringan Rt/rw net ?
Ada 2 teknologi jaringan yang biasa digunakan dalam Teknologi jaringan RT/RW Net, yaitu:
  • Teknologi Wireless Wi-Fi
  • Teknologi Jaringan Kabel UTP
Apa itu Wireless Fidely / WiFi ?

WiFi yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks  - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11, Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Untuk saat ini di perumahan saya, teknologi Rt/rw yang dipakai masih sebatas teknologi Wireless Fidely atau WiFi dengan dibantu Acces point 2,4GHz untuk men-share akses Internet unlimited tersebut dengan tetangga dalam jarak 1-5 km dari rumah. Ketinggian tower sekitar 8 meter di atas atap lebih dari cukup keperluan mencakup 1-5 km. Teknik memberikan akses Internet menggunakan peralatan 2.4 GHz, sedangkan untuk jenis WiFi yang dipakai adalah jenis WiFi yang  bisa di sambungkan dengan antena luar.
Perangkat yang digunakan Warga untuk mengakses jaringan ?
Untuk warga yang ingin mengakses fasilitas ini tentunya harus memiliki beberapa peralatan, beberapa Peralatan yang biasa dipakai di lingkungan perumahan menggunakan WiFi Untuk RT/RW-Net yakni :
 - Sebuah PC / Notebook
- Card Wireless LAN (WiFi)
- Antenna luar

Peralatan Server Jaringan ?

Untuk menjalankan jaringan RT/RW Net harus ada tempat yang akan dijadikan sebagai Central (server) RT/RW-Net yakni tempat untuk mengelola system jaringan dan juga sebagai tempat untuk mendistribusikan koneksi internet keseluruh pelanggan /rumah setiap anggota. Peralatan yang dibutuhkan yakni :
-Tempat (akan diletakanya server)
-perangkat PC
-modem
-Billing Server
-Access Point dan Switch.

Keuntungan penggunaan teknologi ”Wireless Wi-Fi” ini adalah:
   1. Perangkat wireless untuk teknologi wireless Wi-Fi ini sudah umum digunakan dan harganya sudah menjadi relatif murah.
   2. Sebagian besar notebook tipe terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat network wireless dengan teknologi Wi-Fi ini.
   3. Area jangkauan yang lebih fleksible dikarenakan tidak dibatasi oleh jaringan distribusi seperti bila menggunakan kabel UTP maupun fiber optic. Secara teoritis dengan daya pancar 100mW sudah dapat menjangkau area (berbentuk lingkaran) 1 – 2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.
   4. Ditinjau dari sisi investasi jauh lebih murah untuk menjangkau area yang besar dibandingkan solusi kabel.
   5. Biaya pemeliharaan yang relatif murah dikarenakan tidak ada perangkat atau jalur jaringan yang berada pada area publik/umum dimana potensi kerusakan atau kehilangan alat lebih besar dibandingkan dengan solusi kabel UTP.
   6. Teknologi Wi-Fi sangat pesat perkembanganya sehingga investasi ke depan akan lebih murah dengan perangkat yang berkecepatan lebih tinggi dan menjangkau area lebih luas.

Kekurangan penggunaan teknologi ”Wireless Wi-Fi” ini adalah:

   1. Harus ada peralatan wireless yang dinstalasi pada sisi user sebagai penerima/pengirim sinyal balik. Namun biaya investasi ini bisa sedikit ditekan dengan memberikan tambahan biaya instalasi pada user yang akan menggunakan jasa ini pertama kali atau bila perlu user akan membayar seluruh biaya perangkat wireless tersebut. Sedangkan solusi kabel UTP hanya perlu melakukan instalasi kabel hingga mencapai titik computer user, tanpa peralatan tambahan.
   2. kecepatan transfer data yang didapat relatif kecil 1-54Mbps dibandingkan kabel UTP 10-100Mbps. Namun untuk keperluan koneksi internet kecepatan 1Mbps sudah sangat memadai dan masih cukup untuk digunakan layanan lainya seperti VoIP, web camera, dll.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar