Selasa, 21 Desember 2010

S I I (Strategi of Information Integration)

Seperti Layaknya sebuah sistem komputer, sebuah perusahaan juga mutlak memiliki sistem yang terintegrasi satu sama lainnya. sistem yang dimaksudkan adalah mengenai sistem strategi sebuah perusahaan untuk menjalankan aktifitas manajemen suatu perusahaan tersebut.

Apa Itu SII ?
SII atau Strategy of Information Integration merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan informasi didalam ataupun antar perusahaan untuk menciptakan lingkungan informasi yang berguna bagi perusahaan. Maksud dari informasi antar perusahaan adalah berusaha mengintegrasikan informasi yang ada dalam sebuah perusahaan dengan perusahaan lain yang bekerja dalam bidang yang sama maupun berbeda agar ketersediaan informasi selalu ada.

Case Study
Banyak contoh yang dapat kita temukan dalam masyarakat kita mengenai SII ini,  tidak hanya dalam dunia perusahaan, seperti halnya mengenai pengintegrasian sistem informasi  pada masyarakat pedesaan. misalnya saja mengenai informasi dan teknologi atau biasa kita kenal dengan istilah ICT (Information and Communications Technologi). Pada dasarnya Masyarakat indonesia yang didominasi oleh kegiatan sektor UKM dan pertanian membutuhkan banyak informasi yang sangat banyak agar dapat bersaing dalam hal bisnis dan perkembangan UKM, akan tetapi dengan semakin majunya tekhnologi saat ini, membuat kebanyakan orang dalam masyarakat menjadi bingung  dan Gaptek / gagap teknologi. untuk case study disini kita ibaratkan sebuah perusahaan komputer yang bekerja sama dengan badan pemberdayaan masyarakat.
Tak bisa dipungkiri memang, bahwa rata rata pendidikan masyarakat diindonesia sangatlah standar. Banyak vendor vendor perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk masyarakat yang lebih mementingkan aspek kecanggihan teknologi yang ada, daripada mementingkan informasi yang sebenarnya lebih dibutuhkan oleh masyarakat indonesia dalam sektor UKM dan pertanian di pedesaan. sehingga perusahaan hanya menyediakan layanan teknis tanpa memperhatikan basic dari masyarakat, sejauh mana antara kebutuhan informasi dan kecanggihan teknologi yang lebih diperlukan. Dengan keadan seperti ini, maka sebuah perusahaan dan badan yang menangani pemberdayaan masyarakat harus memiliki sistem informasi yang terintegrasi untuk menyediakan layanan yang baik untuk masyarakat. Solusi yang bisa dilakukan antara lain : 
1. Pengadaan riset oleh perusahaan mengenai sejauh mana masyarakat membutuhkan informasi dan apa saja yang dibutuhkan masyarakat.
2. Mengadakan penelitian sejauh mana masyarakat tahu mengenai teknologi yang ada sehingga tidak ada lagi masyarakat yang gagap akan teknologi.
3. Mengembangkan teknologi yang kiranya dibutuhkan oleh masyarakat yang memenuhi kriteria maupun standar pengetahuan masyarakat yang menjadi sasaran.
4. Dan yang terpenting adalah membentuk sistem terintegrasi antara perusahaan dan badan yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi kebutuhan masyarakat.

Tools
Pada case study diatas, kita dapat menggunakan beberapa Tools yang digunakan untuk menjalankan sistemi nformasi yang terintegrasi antara perusahaan dan badan pemberdayaan yang bersangkutan, antara lain :
Hardware : tentunya kita membutuhkan tools ini, bentuknya bisa seperti kompouter, fax, telephone maupun lainnya.
- Software : untuk menjalankan sebuah sistem tentunya kita membutuhkan sebuah software yang digunakan untuk membantu kita dalam melakukan setiap kegiatan yang tidak terlepas dari teknologi.
- User / pelaku : sebagai perantara yang digunakan untuk menjembatani pengintegrasian informasi dan juga sebagai pencari informasi yang dibutuhkan.

Architecture
Dalam Sistem informasi terintegrasi kasus diatas, terdapat arsitektur yang digunakan untuk membantu sistem, antara lain :
- Architecture Soft Integration :
  Dalam hal ini, perusahaan yang ingin mengembangkan teknologi yang dibutuhkan masyarakat tentunya harus melakukan pendiskusian masalah yang ada,mengenai bagaimana, apa, kapan dan langkah pengintegrasian antara kebutuhan dan kemampuan masyarakat dengan teknologi yang dipakai.
- Transformasi Organisasi :
  Maksudnya adalah perusahaan membagi bagian bagian dalam perusahaan sesuai dengan tugas masing masing agar lingkunga dalam perusahaan bisa berkembang dan memahami kebutuhan yang akan dipakai nantinya.

Referensi :
http://www.creativesolutionsaward.com/
http://mrzie3r.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar