Senin, 10 Januari 2011

Social Network Business

Sebagai manusia, kita sangatlah tergantung dengan adanya orang lain, hal ini karena  pada dasarnya kita adalah mahluk sosial. Dimana manusia mutlak membutuhkan komunikasi dan interaksi satu sama lainnya dalam kehidupan sehari hari, berbagai macam interaksi dilakukan, baik secara langsung, maupun secara tidak langsung. Semakin berkembangnya tekhnologi saat ini, dimanapun kita berada, kita tetap bisa melakukan interaksi dengan orang lain menggunakan fasilitas kecanggihan teknologi saat ini. Salah satu contohnya adalah jejaring sosial melalui internet. Istilah lain dari jejaring sosial ini adalah Social Network Business.

Apa itu Social Network Business ?
Social network Business adalah suatu layanan online yang digunakan untuk melakukan interaksi dan dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa mengenal batasan tempat dan waktu. SNB ini merupakan bentuk layanan yang sedang buming saat ini, dengan adanya SNB atau jejaring sosial ini, kita bisa melakukan interaksi dan komunikasi secara tidak langsung ke orang lain tanpa harus bertemu secara face to face. jejaring sosial ini memungkinkan seseorang untuk bisa berbagi gagasan, wawasan, ilmu pengetahuan, pengalaman, profil, mencari teman, bahkan sampai kegiatan jual beli dan lainnya.
Saat ini banyak sekali jenis jenis jejaring sosial, misalnya saja seperti facebook, morange, mig33, myspace, kaskus, e-buddy,nimbuzz dan masih banyak lainnya.

Analysis
SNB itu sendiri sebenarnya adalah suatu bentuk pemenuhan kebutuhan terhadap kebutuhan sosial manusia terhadap kebutuhan interaksi dengan dunia luar.  pemanfaatan jejaring sosial ini awalnya digunakan hanya sebatas untuk berkomunikasi dengan dunia luar, akan tetapi semakin majunya teknologi, pemikiran manusia akan kebutuhan komunikasipun semakin berkembang, tidak hanya untuk sekedar komunikasi saja, saat ini jejaring sosial banyak digunakan untuk fasilitas promosi, jual beli, kegiatan sharing dan juga kegiatan menjalin hubungan sosial baru seperti mencari teman, pasangan, maupun mencari pekerjaan. ada satu alasan yang kuat mengapa banyak orang atau user pengguna jejaring sosial cenderung tertarik dan mempunyai minat yang tinggi dengan hal ini, yaitu dikarenakan akses terhadap jejaring sosial didunia sangat tinggi, sehingga pemenuhan kebutuhan menggunakan jejaring sosial ini dianggap berhasil. 
Dibawah ini saya akan coba membahas salah satu jenis jejaring sosial yakni Nimbuzz.

Apa itu Nimbuzz ?
Adalah suatu aplikasi jejaring sosial berbentuk mobile dengan konsep mobile social messenger yang mengkombinasikan instant messaging seperti YM, facebook, skype, Twitter, My space, Windows messenger, AIM dan masih banyak lagi. nimbuzz menyediakan layanan chat yang bisa terhubung ke semua jenis jejaring sosial lainnya, serta fasilitas upload foto, video, dan juga file. Nimbuzz diklaim sebagai produk Aggregated karena kelangkapannya dan memiliki fasilitas pengkoleksi IM mobile pertama yang dibuat. Aplikasi ini juga bebas bayar atau free, sehingga banyak orang tertarik menggunakannya. berikut adalah tampilan programnya :


Succes Story
Adalah  Evert Jaap Lugt dan Martin Smink. dibalik kesuksesan nimbuzz saat ini. Mereka adalah sang kreator nimbuzz yang banyak digunakan masyrakat dunia saat ini.

Evert Jaap lugt

Martin Smink
Mereka adalah 2 orang dengan ide unik yang menciptakan aplikasi mobile yang bisa terhubung dengan banyak jejaring sosial. Pada saat bumingnya jejaring sosial berbentuk IM atau messenger, Nimbuzz muncul sebagai solusi untuk menyempurnakan bentuk jejaring sosial konsep IM dengan menggabungkan berbagai jenis layanan menjadi satu kesatuan.  Nimbuzz memiliki banyak fitur yang cukup lengkap seperti chat room, layanan upload foto, message, sampai fitur fitur smiley atau icon icon lucu pada teks. hal ini membuat nimbuzz menjadi aplikasi yang digemari oleh para penggila chat.
Sampai dengan tahun 2011 ini, nimbuzz memiliki lebih dari 30 juta penggunak aktif, telah didownload sebanyak 200 juta kali, sebanyak 3,65 milyar panggilan pertahun serta aplikasi yang telah mendukung kurang lebih 3000 perangkat. Dan saat ini nimbuzz telah banyak menerima penghargaan seperti :
  • Pemenang kontes regional kategori "Best Blackberry Apps" pada 2010 BlackBerry Partners Fund Super Apps Developer Challenge.
  • Best Mobile Startup" pada TechCrunch Europe Awards 2009 bagi perusahaan-perusahaan Eropa dan EMEA (Europe, Middle East and Africa).
  • Memenangkan 4 gelar dengan kategori sebagai berikut: Top All-Around-Software, Top IM Application, Top VoIP Application dan Top Free Software pada Top Mobile 20 Industry Awards yang diselenggarakan di Mobile World Congress.
Dan masih banyak lagi prestasi yang telah diperoleh nimbuzz saat ini.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Nimbuzz
http://sulton.waphall.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar