Rabu, 09 Maret 2011

Mengenal Teknologi Komputasi Modern

Selama ini, kita telah mengenal istilah mengenai "komputasi" ! setiap orang memiliki pengertian yang berbeda beda mengenai pemahaman konsep komputasi itu sendiri. Dalam kehidupan sehari hari kita juga sering kali secara tidak langsung melakukan proses komputasi, misalnya saja seperti penyelesaian masalah algoritma, perhitungan numerik atau bahkan yang lainnya.
Secara umum ilmu mengenai komputasi ini cenderung berkembang  sesuai dengan pergerakan kemajuan teknologi yang ada didunia. Pertama kali adanya komputasi merupakan awal dari sebuah gagasan yang menginginkan adanya penyelesaian masalah yang lebih mudah,cepat dan kompleks.   Untuk lebih mengenal apa itu komputasi modern mari kita bahas lebih lanjut

Apa itu Komputasi ?
komputasi adalah suatu tekhnik yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan algoritma, numerik, perhitungan, masalah ilmu atau sain dan lainnya yang dipecahkan dengan menganalisis pemecah dari masalah yang ada. Sedangkan untuk komputasi modern adalah suatu pemecahan masalah seperti komputasi lainnya yang dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer.
Mungkin banyak orang mengira bahwa komputasi ini erat kaitannya dengan Ilmu komputer, memang secara garis besar masalah yang ditangani oleh komputasi hampir sama dengan ilmu komputer pada umumnya, tetapi hal ini berbeda. komputasi murni membahas mengenai pemahaman baru dengan melakukan penerapan model pendekatan secara matematik dalam program komputer berdasarkan perkembangan teori dan pemahaman yang telah berkembang. sebaliknya dalm ilmu komputer hanya membahas mengenai kajian proses informasi secara garis besar saja.

Sejarah Komputasi
Munculnya ilmu komputasi tidak terlepas dari peran penting pencetus gagasan "komputasi" yakni seorang matematikawan bernama "John von Neumann" yang berasal dari Hungaria. Dia adalah pemrakarsa ilmu komputasi yang sampai saat ini dikenal banyak orang. Dia dikenal sebagai ilmuan yang memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perkembangan ilmu sains modern saat ini, dari pengembangan dalam bidang fisika kuantum, ilmu komputer, Ilmu nuklir dan banyak lainnya. Sebagai sala seorang ilmua komputer, dia telah berhasil menciptakan sebuah arsitektur komputer non paralel yang sampai saat ini masih banyak dipakai.
Berikut adalah gambaran arsitektur yang diciptakan oleh Neumann :


Karakteristik 
Dalam perkembangannya, Komputasi Modern memiliki beberapa karakteristik diantaranya :
  • Komputer penyedia sumber daya
  • Komputer yang terhubung dengan jaringan luas
  • Komputer yag tidak terdedikasi,baik itu hidup maupun mati sewaktu waktu.

Penggunaan Komputasi Modern 
Saat ini sudah banyak sekali contoh implementasi penggunaan komputasi modern, misalnya saja dalam ilmu kedokteran. yakni digunakan perancangan model matemati untuk meramalkan kebutuhan obat yang akan dibutuhkan pasien dengan penyakit tertentu dalam laboratorium. biasanya dalam laboratorium jumlah komposisi obat yang dibutuhkan akan dihitung dan di komparasikan dengan kebutuhan pasien dengan obat yang akan digunakan. sehingga calom penerima obat bisa menerim obat dengan dosis yang tepat.


Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://www.smartssolution.info/
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/John_von_Neumann
http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/










Tidak ada komentar:

Posting Komentar